A. Sejarah
Perusahaan
PT Santos Jaya Abadi yang mewarisi tradisi sekental kopinya.
Sebagai usaha keluarga pemilik merk kopi terbesar di Indonesia, akar perusahaan
ini mulai tumbuh dari sebuah industri rumah tangga sederhana di Surabaya, di
mana lebih dari 79 tahun silam pada tahun 1927, Sang Pelopor Go Soe Loet
memproduksi kopi terkenalnya.
Dalam rentang waktu tak terlalu lama, perusahaan mulai
memproduksi kopi dengan merk “Kapal Api” yang secara langsung mengaspirasikan
simbol teknologi tertinggi dan kemewahan pada zaman tersebut. Lebih dari itu,
inspirasi untuk senantiasa mengacu pada kualitas, menjadikan perusahaan
mengalami kemajuan yang pesat dan berkelanjutan.
Pada tahun 1970, perusahaan melakukan perkembangan sekaligus
perubahan. Generasi kedua mulai tampil untuk memastikan kelanjutan dan
kesuksesan usaha dengan memperkenalkan mesin dan peralatan mutakhir,
mengembangkan manajemen, meningkatkan keterampilan tenaga kerja serta
memperluas penyebaran produk hingga tersedia di seluruh Jawa Timur.
Tahun 1980 kami membangun pabrik yang sekarang berada di
Sepanjang, Sidoarjo, Jawa timur. Pada tahap ini, merk Kapal Api telah menjadi
penyangga utama perusahaan yang tersebar rata di seluruh Indonesia sekaligus
menjadi pemimpin pasar dengan rangkaian produk lengkapnya.
Melanjutkan sukses merk Kapal Api dan demi kepuasan
pelanggan, PT Santos Jaya Abadi memperkenalkan beberapa merk kopi lain yang
juga berhasil meraih sukses di pasaran, yaitu Excelso, ABC, Good Day, Ya dan
Kapten. Hingga kini, PT Santos Jaya Abadi dengan rangkaian produknya telah
menjadi bagian dari keseharian dan bahkan berlangsung dari generasi ke
generasi.
Sejarah dan Profile Perusahaan
Nama perusahaan : Kopi Indo Rasa
Badan hukum
: Perseroan Terbatas
Berdiri : 8 Agustus 2009
Alamat : Delta Silicon II
Lippo Cikarang, Kavling
Industri, Jawa Barat, Kode Pos 17550
Luas bangunan
: 55,82 x 107,74 m atau
sekitar 6000 m2
Luas perkebunan
: 35 hektar di Lampung
Modal Pendirian Perusahaan sekitar 3 triliun rupiah
Dr. Ir. Kirbrandoko, MSM., : Rp 1,25 trilyun (41.67%)
Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, Msc. : Rp 1,25 trilyun (41.67%)
Sinukaban Jordan Yahya : Rp. 500 milyar
(16.67%)
B. Struktur
Organisasi
– Direktur :
Sinukaban Jordan
– Manajer Adm &
Keuangan : Ika Arsianti Dwi
– Kabid
Administrasi :
Sanitianing Anggraini
– Kabid
Keuangan :
Goldati Agritha
– Manajer HRD : Saiful
Zafar
– Kabid
Recruitment : Husein Brando
– Kabid
Pengembangan SDM : Ferry
Handoko
– Manajer
Pemasaran :
Renatalido Arios
– Kabid Sales &
Marketing : Susan Hanifa
– Kabid
Distribusi
: Andrian
– Kabid
Promosi
: Alfredo Zebua
– Manajer
Produksi :
Muhamad Irfan
– Kabid Persiapan
Bahan Baku : Amir Santoso
– Kabid
Processing :
Hendra Purnomo
– Kabid Packaging
& Storing : Asep Sudarma
– Manajer R &
D : Fajar
Rachman
– Manajer
Perkebunan :
Ateris Bilada
C. Visi dan Misi
Perusahaan
VISI
Menjadi perusahaan kopi instan terkemuka dan terbesar di
dunia
MISI
1. Mengubah
paradigm cara penyajian kopi instan dengan menawarkan kepraktisan kopi celup
bercita rasa khas tinggi
2. Market leader
dalam pasar kopi instan
3. Menciptakan
tren baru penyajian kopi untuk gaya hidup dinamis dan modern
D. Tujuan
1. Memenuhi
kepuasan konsumen melalui kepraktisan penyajian kopi celup
2. Memaksimumkan
profit perusahaan
E. Sasaran
Produk ini disasarkan pada pecinta kopi dengan kepraktisan
penyajian.
F. Analisis SMART
SIMPLE
Simple merupakan poin analisis dimana tujuan harus
dirumuskan dalam suatu yang sederhana dan mudah dipahami oleh semua anggota
perusahaan. Menurut saya, PT. Santos Jaya Abadi mempunyai visi yang sudah
dijalankan dengan baik terbukti dari setiap perkembangannya SJA mampu
bermanfaat bagi konsumen. SJA terus berkembang dan berinovasi demi memenuhi
kebutuhan konsumen pecinta kopi, ini artinya setiap karyawan paham mengenai
visi yang dianut oleh perusahaan.
MEASURABLE
Measurable merupakan indicator kejelasan, konkrit, dan
terukur serta mampu menjadi motivasi bagi karyawan. Komisaris PT Santos Jaya
Abadi Christeven Mergonoto mengatakan nilai pemasaran produk kopi olahan Santos
mencapai Rp10,75 triliun pada 2015 dengan nilai ekspor produk kopi olahan
mencapai US$ 15,35 juta. Pangsa pasar Santos mencapai 60% dari omzet kopi
olahan lokal, yang membuat pasar kopi olahan lokal bernilai Rp17,92 triliun.
Penyerapan biji kopi Santos terus meningkat dari 82.800 ton
pada 2013, menjadi 85.200 pada 2014 hingga mencapai 94.060 ton pada 2015. Biji
kopi tersebut diserap oleh 2 pabrik di Sidoarjo dan 1 pabrik di Karawang yang
berkapasitas total 374.670 ton.
Ini membuktikan SJA cukup konsisten dan tahu seberapa jauh
produknya mampu meraih market share seluas-luasnya.
ATTAINABLE
Setelah sukses menguasai lebih dari 50 persen pasar lokal,
PT Santos Jaya Abadi mulai memfokuskan diri untuk mengembangkan pasar ekspor.
Beberapa strategi telah disiapkan. Selain mengembangkan pasar ekspor, lanjut
dia, pihaknya akan tetap fokus berinovasi untuk menciptakan produk baru di
pasar lokal.
Dengan begitu, posisi Kapal Api sebagai market leader di
Indonesia tetap bertahan. Salah satu produk inovasi tersebut adalah minuman
kopi dalam kemasan botol siap minum.
pihaknya berharap konsumsi kopi per kapita masyarakat
Indonesia meningkat seiring semakin banyaknya konsumen yang paham tentang
manfaat kopi. Dengan begitu, target market semakin meningkat.
G. Analisis SWOT
Strength.
1. Pt Santos Jaya
Abadi memiliki cita rasa yang baik sebagai produsen consumen good and beverage
di Indonesia baik secara image dan citra kapal api selalu terjaga dan
terpercaya
2. Kapal api
special merupakan kopi yang memiliki ramuan istimewa yang menawarkan kualitas
terbaik kerana dibuat dari biji kopi pilihan serta diolah secara khusus.
Weakness.
1. Anak muda
kurang suka jenis kopi berampas
Opportunity.
1. Meningkatnya
jumlah penikmat kopi di Indonesia
2. Sangat mudah
untuk di dapat oleh penikmatnya karena pendistribusian yang luas
Threat.
1. Persaingan
kopi di Indonesia cukup ketat dengan kehadiran produk kopi lain yang
bermunculan.
2. Maraknya
tempat makan yang menyajikan sajian kopi.
3. Banyaknya
media baru dan tingginya promosi competitor
Daya saing PT. Santos Jaya Abadi
1.
Sumber daya yang dimiliki :
a.
Berwujud
·
Memiliki beberapa agen
·
Memiliki tenaga kerja yang ahli dan profesional di bidangnya.
·
Saluran Mitra/Franchise yang luas dan tersebar di seluruh Indonesia.
b. Tak Berwujud
·
Memiliki pelanggan yang loyal
2.
Kumpulan sumber daya yang memiliki keunggulan
·
Memiliki beberapa agen
·
Memiliki tenaga kerja yang ahli dan profesional di bidangnya.
·
Saluran Mitra/Franchise yang luas dan tersebar di seluruh Indonesia.
3.
Kumpulan sumberdaya yang memiliki keunggulan bersaing
·
kopi yang memiliki ramuan istimewa yang menawarkan kualitas terbaik
kerana dibuat dari biji kopi pilihan serta diolah secara khusus.
·
Memiliki tenaga kerja yang ahli dan profesional di bidangnya.
·
Saluran Mitra/Franchise yang luas dan tersebar di seluruh Indonesia.
4.
Kumpulan sumberdaya yang memiliki keunggulan bersaing
yang berkesinambungan
·
kopi yang memiliki ramuan istimewa yang menawarkan kualitas terbaik
kerana dibuat dari biji kopi pilihan serta diolah secara khusus.
·
Memiliki tenaga kerja yang ahli dan profesional di bidangnya.
·
Saluran Mitra/Franchise yang luas dan tersebar di seluruh Indonesia.
5.
Kumpulan sumberdaya yang memiliki daya saing laba diatas
rata-rata
·
kopi yang memiliki ramuan istimewa yang menawarkan kualitas terbaik
kerana dibuat dari biji kopi pilihan serta diolah secara khusus.
·
Memiliki tenaga kerja yang ahli dan profesional di bidangnya.
·
Saluran Mitra/Franchise yang luas dan tersebar di seluruh Indonesia.
H. Value Chain
I. Analisis IFAS dan EFAS
Kondisi Internal PT. Santos Jaya Abadi
Faktor Intern
|
Strength
|
Operasi
|
+ memiliki
citra yang baik sebagai produsen consumer good & beverage selalu terjaga
dan terpercaya.
+ memiliki
produk varian yang siap minum
-
|
Marketing
|
+
pendistribusian yang luas
-
|
Keuangan
|
+ memiliki kondisi keuangan yang sehat
|
Personalia
|
+ memiliki karyawan yang ahli di bidangnya
|
Litbang
|
+ peralatan riset dan pengembangan modern
|
Struktur Organisasi
|
+ pembagian divisi kerja yang jelas
|
Manajemen
|
+ Memiliki
SOP yang bestandar ISO
|
Tanda + berarti
Strength ; tanda – berarti weakness. Dalam SAP diatas terdiri dari 8 + dan 7
–
ini berarti S
lebihbanyak 1 poin dibandingkan dengan W
|
IFAS untuk mengetahui
kekuatan dari PT. Santos Jaya Abadi
Faktor strategis
|
Nilai
|
Bobot
|
Rating
|
Skor
|
Produk aman
|
4
|
0.16
|
4
|
0.64
|
Distribusi luas
|
4
|
0.16
|
3
|
0.48
|
Keuangan sehat
|
3
|
0.12
|
3
|
0.48
|
Karyawan ahli
|
4
|
0.16
|
3
|
0.48
|
Peralatan modern
|
2
|
0.08
|
3
|
0.48
|
Divisi
|
3
|
0.12
|
4
|
0.64
|
SOP
|
4
|
0.16
|
3
|
0.48
|
Nilai Total
|
24
|
1
|
23
|
3.68
|
Kondisi Eksternal PT. Santos Jaya Abadi
Faktor Intern
|
Weakness
|
Operasi
|
Target
penjualan yang belum tercapai
-
|
Marketing
|
Banyaknya media baru & tingginya promosi competitor
Anak muda kurang suka jenis kopi berampas
|
Tanda + berarti
Strength ; tanda – berarti weakness. Dalam SAP diatas terdiri dari 8 + dan 7
–
ini berarti S
lebihbanyak 1 poin dibandingkan dengan W
|
EFAS untuk mengetahui
kelemahan dari PT. Santos Jaya Abadi
Faktor strategis
|
Nilai
|
Bobot
|
Rating
|
Skor
|
Target
penjualan belum tercapai
|
4
|
0.5
|
3
|
0.5
|
Banayak media
baru dan tingginya promosi kompetitor
|
4
|
0.5
|
3
|
0.5
|
Nilai Total
|
8
|
1
|
6
|
1
|
Nilai IFAS=
Total Nilai Kekuatan-Total Nilai Kelemahan
3.68-1=2.68
Kondisi Internal PT. Santos Jaya Abadi
Faktor Intern
|
Opportunity
|
Sosiokultural
|
- Meningkatnya
jumlah penikmat kopi di Indonesia
|
Distribusi
|
Sangat mudah untuk di dapat oleh penikmatnya karena
pendistribusian yang luas
|
Tanda + berarti
Strength ; tanda – berarti weakness. Dalam SAP diatas terdiri dari 8 + dan 7
–
ini berarti S
lebihbanyak 1 poin dibandingkan dengan W
|
IFAS untuk mengetahui
opportunity dari PT. Santos Jaya Abadi
Faktor strategis
|
Nilai
|
Bobot
|
Rating
|
Skor
|
Meningkatnya
jumlah penikmat kopi di indonesia
|
4
|
0.16
|
4
|
0.64
|
Distribusi
yang luas
|
4
|
0.16
|
3
|
0.48
|
Nilai Total
|
24
|
1
|
23
|
3.68
|
Kondisi Eksternal PT. Santos Jaya Abadi
Faktor Intern
|
Threat
|
Marketing
|
1. Persaingan kopi di Indonesia cukup ketat
dengan kehadiran produk kopi lain yang bermunculan.
2. Maraknya
tempat makan yang menyajikan sajian kopi.
|
Tanda + berarti
Strength ; tanda – berarti weakness. Dalam SAP diatas terdiri dari 8 + dan 7
–
ini berarti S
lebihbanyak 1 poin dibandingkan dengan W
|
EFAS untuk mengetahui
Threat dari PT. Santos Jaya Abadi
Faktor strategis
|
Nilai
|
Bobot
|
Rating
|
Skor
|
Persaingan kopi
di indonesia cukup ketat
|
3
|
0.5
|
3
|
0.5
|
Maraknya tempat
makan yang menyajikan sajian kopi
|
3
|
0.5
|
3
|
0.5
|
Nilai Total
|
6
|
1
|
6
|
1
|
Nilai IFAS=
Total Nilai Kekuatan-Total Nilai Kelemahan
3.68-1=2.68
J. Diagram SWOT
Setelah diketahui titik pertemuan diagonal-diagonal tersebut (X),
maka posisi unit usaha diketahui pada kuadran I sehingga perlu diadakan
penyempurnaan analisis dengan menghitung luasan wilayah pada tiap-tiap kuadran.
Hasil perhitungan dari masing-masing kuadran dapat digambarkan pada tabel
berikut ini :
KUADRAN
|
POSISI TITIK
|
LUAS MATRIK
|
RANKING
|
PRIORITAS STRATEGI
|
I (SO)
|
3.68;3.68
|
1
|
Growth
|
|
II (ST)
|
3.68;1
|
2
|
Stabilitas
|
|
III (WO)
|
1;3.68
|
3
|
Penciutan
|
|
IV (WT)
|
1;1
|
4
|
Kombinasi
|
Penjelasan
diagram SWOT adalah sebagai berikut :
- Pada kuadran I ( S O Strategi ) strategi umum yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah menggunakan kekuatan perusahaan untuk mengambil setiap keunggulan pada kesempatan yang ada.
- Pada kuadran II ( W O Strategi ) perusahaan dapat membuat keunggulan pada kesempatan sebagi acuan untuk memfokuskan kegiatan dengan menghindari kelemahan.
- Pada kuadran III ( W T Strategi ) Meminimumkan segala kelemahan untuk menghadapi setiap ancaman.
- Pada kuadran IV ( S T Strategi ) Menjadikan setiap kekuatan untuk menghadapi setiap ancaman dengan menciptakan diversifikasi untuk menciptakan peluang.
Berdasarkan diagram
bobot dan rating setiap unsure matrik SWOT sebagaimana disajikan diatas maka
dapat diketahui bahwa posisi organisasi pada saat ini berada pada kuadran I
yaitu Kuadran STABILITAS dimana strategi yang bisa digunakan oleh
perusahaan adalah menggunakan kekuatan perusahaan untuk mengambil setiap
keunggulan pada kesempatan yang ada.
- Beberapa bagian yang harus diambil untuk mendukung prioritas yang dipilih yang tinjau dari matrix SWOT :
Prioritas
Utama PT Kopi
Kapal Api ini adalah berusaha mempertahankan keberadaannya sebagai pemimpin
pasar untuk kopi instan terbesar dan terkemuka di Indonesia dan dunia,
memposisikan dirinya sebagai perusahaan kopi kapal Api berkelas-dunia, dan
menjadi pemain global dalam dunia.
- Strategi yang perlu diambil untuk menunjang prioritas utama (S O) adalah dengan :
- Mempertahankan kekuatan / keunggulan dari produk yang diberikan ke konsumen
Prioritas
kedua yang
dipilih adalah terletak pada Penciptaan produk baru.
b. Strategi
yang perlu diambil untuk menunjang prioritas kedua (O W) adalah dengan:
- Menyiapkan sarana dan prasarana pendukung dalam menciptakan aneka rasa kopi
- Meningkatkan SDM
- Mempromosikan produk baru tersebut ke masyarakat
Prioritas
ketiga yang
dipilih adalah terletak pada Penciutan Bisnis.
c. Strategi
yang perlu diambil untuk menunjang prioritas ketiga (W T) adalah dengan :
- Mempertahankan segmentasi pasar yang ada dengan menciptakan produk-produk terbaru dengan segala inovatif yang dapat menarik minat masyarakat.
Prioritas
keempat yang dipilih
adalah terletak pada Diversifikasi Konglomerasi.
d.
Strategi yang perlu diambil untuk menunjang prioritas keempat (T S)
adalah dengan :
- Karena pada kuadran pertama ini perusahaan dituntut menggunakan kekuatan perusahaan untuk mengambil setiap keunggulan pada kesempatan yang ada untuk menginovasi beraneka ragam kemasan kopi untuk memenuhi kebutuhan konsumennya.
STRENGTH
memiliki cita rasa yang baik sebagai produsen consumen good and
beverage.
kopi yang memiliki ramuan istimewa yang menawarkan kulaitas terbaik
kerana dibuat dari biji kopi pilihan serta diolah secara khusus.
|
WEAKNESS
Anak muda kurang suka jenis kopi berampas
|
|
OPPORTUNITY
Meningkatnya jumlah penikmat kopi di
Indonesia
2. Sangat mudah untuk di dapat oleh
penikmatnya karena pendistribusian yang luas
|
STRATEGI SO
Sebagai perusahaan kopi yang memiliki cita rasa yang baik dan
memiliki ramuan istimewa yang menawarkan kualitas terbaik dibuat dari biji
kopi pilihan dan memudahkan penikmat kopi yang semakin meningkat
|
STRATEGI WO
dengan adanya varian baru yaitu produk kopi dengan kemasan instan
|
THREATH
Persaingan kopi di Indonesia cukup
ketat dengan kehadiran produk kopi lain yang bermunculan.
2. Maraknya tempat makan yang
menyajikan sajian kopi.
3. Banyaknya media baru dan tingginya
promosi competitor
|
STRATEGI ST
Membuatn PT santos jaya abadi mampu menghadapi peeusahaan lain dengan
menemukan inovasi/varian baru
|
STRATEGI WT
Produk PT. Santos Jaya Abadi memiliki varian produk yang sangat murah
dan mudah didapat.
|
Strateji
Marketing mix PT. Santos Jaya Abadi
1.
Produk
Mutu yang selalu terkendali produk tersebut
disambut secara antusias oleh pasar. Ramuan istimewa kapal api menawarkan
kualitas yang terbaik, rasa yang mantap dan aroma yang memikat. Untuk mmenuhi
kebutuhan akan kenikmatan kopi, konsumen kini mendapat pilihan yang beragam
mulai dari kapal api special, special mix, kopi susus, sampi yang baru saja
diluncurkan
2.
Harga
Dari segi harga sangat terjangkau oleh
masyarakat luas sehingga mampu bersaing dengan komoetitornya
3.
Distribusi
Jalur distribusi yang digunakan PT. Santos
Jaya Abadi untuk memasarkan kopi kapal api sampai ke warung dan supermarket
untuk mempermudah konsumen mendapatkannya dan tersedia dalam jumlah besar.
4.
Promosi
Spesialisasi produk yang ditawarkan merupakan
kunci dan strateji PT. Santos Jaya Abadi untuk membidik pasar sehingga tetap
melekat dengan lidah konsumen. Kopi kapal api yang diklaim menggunakan 100%
biji kopi pilihan dan tanpa campuran mampu mempertahankan konsumennya sejak awal
produksi hingga sekarang. Hal itulah yang memicu rasa optimisme marketing
manajer PT. Santos Jaya Abadi bahwa produk kopi tubruk yang diproduksi oleh
perusahaannya mampu bersaing dengan produk lainnya.
S
BalasHapusLEGENDAQQ.NET
Kami Hadirkan Permainan Baru 100% FAIR PLAY Dari Legendaqq.Net. :) 1 ID Untuk 8 Games :
- Domino99
- BandarQ
- Poker
- AduQ
- Capsa Susun
- Bandar Poker
- Sakong Online
- Bandar 66
Nikmati Bonus-Bonus Menarik Yang Bisa Anda Dapatkan Di Situs Kami LegendaQQ.Net. info Situs Resmi, Aman Dan Terpercaya ^^ Keunggulan LegendaQQ.Net :
- Tingkat Persentase Kemenangan Yang Besar
- Kartu Anda Akan Lebih Bagus
- Bonus TurnOver Atau Cashback Di Bagikan Setiap 5 Hari
- Bonus Referral Dan Extra Refferal Seumur Hidup
- Minimal Deposit & Withdraw Hanya 20.000,-
- Tidak Ada Batas Untuk Melakukan Withdraw/Penarikan Dana
- Pelayanan Yang Ramah Dan Memuaskan
- Dengan Server Poker-V Yang Besar Beserta Ribuan pemain Di Seluruh Indonesia,
- LegendaQQ.Net Pasti Selalu Ramai Selama 24 Jam Setiap Harinya.
- Permainan Menyenangkan Dengan Dilayani Oleh CS cantik, Sopan, Dan Ramah.
Fasilitas BANK yang di sediakan :
- BCA
- Mandiri
- BNI
- BRI
- Danamon
Tunggu Apa Lagi Guyss..
Let's Join With Us At LegendaQQ.Net ^^
Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
- BBM : 2AE190C9
- Facebook : LegendaqqPoker
Link Alternatif :
- www.legendaqq(dot)net
- www.legendapelangi(dot)com
NB : untuk login android / iphone tidak menggunakan www dan spasi ya boss ^_^
Wynn Resorts to Open Las Vegas' First Non-US Casino,” Says
BalasHapusWynn 당진 출장안마 Resorts, an American Gaming 군산 출장안마 Enterprise 목포 출장안마 The company is expected to unveil plans for a 여주 출장안마 $2.7 billion casino resort in Las Vegas. 제주도 출장마사지