Minggu, 07 Mei 2017

ANALISA STRATEJIK PT. SANTOS JAYA ABADI




A.    Sejarah Perusahaan

PT Santos Jaya Abadi yang mewarisi tradisi sekental kopinya. Sebagai usaha keluarga pemilik merk kopi terbesar di Indonesia, akar perusahaan ini mulai tumbuh dari sebuah industri rumah tangga sederhana di Surabaya, di mana lebih dari 79 tahun silam pada tahun 1927, Sang Pelopor Go Soe Loet memproduksi kopi terkenalnya.
Dalam rentang waktu tak terlalu lama, perusahaan mulai memproduksi kopi dengan merk “Kapal Api” yang secara langsung mengaspirasikan simbol teknologi tertinggi dan kemewahan pada zaman tersebut. Lebih dari itu, inspirasi untuk senantiasa mengacu pada kualitas, menjadikan perusahaan mengalami kemajuan yang pesat dan berkelanjutan.
Pada tahun 1970, perusahaan melakukan perkembangan sekaligus perubahan. Generasi kedua mulai tampil untuk memastikan kelanjutan dan kesuksesan usaha dengan memperkenalkan mesin dan peralatan mutakhir, mengembangkan manajemen, meningkatkan keterampilan tenaga kerja serta memperluas penyebaran produk hingga tersedia di seluruh Jawa Timur.
Tahun 1980 kami membangun pabrik yang sekarang berada di Sepanjang, Sidoarjo, Jawa timur. Pada tahap ini, merk Kapal Api telah menjadi penyangga utama perusahaan yang tersebar rata di seluruh Indonesia sekaligus menjadi pemimpin pasar dengan rangkaian produk lengkapnya.
Melanjutkan sukses merk Kapal Api dan demi kepuasan pelanggan, PT Santos Jaya Abadi memperkenalkan beberapa merk kopi lain yang juga berhasil meraih sukses di pasaran, yaitu Excelso, ABC, Good Day, Ya dan Kapten. Hingga kini, PT Santos Jaya Abadi dengan rangkaian produknya telah menjadi bagian dari keseharian dan bahkan berlangsung dari generasi ke generasi.

Sejarah dan Profile Perusahaan
Nama perusahaan          : Kopi Indo Rasa
Badan hukum                : Perseroan Terbatas
Berdiri                           : 8 Agustus 2009
Alamat                           : Delta Silicon II Lippo Cikarang, Kavling
Industri, Jawa Barat, Kode Pos 17550
Luas bangunan              : 55,82 x 107,74 m atau sekitar 6000 m2
Luas perkebunan           : 35 hektar di Lampung

Modal Pendirian Perusahaan sekitar 3 triliun rupiah
Dr. Ir. Kirbrandoko, MSM.,                  : Rp 1,25 trilyun (41.67%)
Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, Msc.     : Rp 1,25 trilyun (41.67%)
Sinukaban Jordan Yahya                       : Rp. 500 milyar (16.67%)



B.     Struktur Organisasi
    Direktur                                            : Sinukaban Jordan
    Manajer Adm & Keuangan              : Ika Arsianti Dwi
    Kabid Administrasi                          : Sanitianing Anggraini
    Kabid Keuangan                               : Goldati Agritha
    Manajer HRD                                   : Saiful Zafar
    Kabid Recruitment                            : Husein Brando
    Kabid Pengembangan SDM             : Ferry Handoko
    Manajer Pemasaran                           : Renatalido Arios
    Kabid Sales & Marketing                 : Susan Hanifa
    Kabid Distribusi                               : Andrian
    Kabid Promosi                                  : Alfredo Zebua
    Manajer Produksi                              : Muhamad Irfan
    Kabid Persiapan Bahan Baku           : Amir Santoso
   Kabid Processing                             : Hendra Purnomo
    Kabid Packaging & Storing             : Asep Sudarma
    Manajer R & D                                 : Fajar Rachman
    Manajer Perkebunan                         : Ateris Bilada

C.    Visi dan Misi Perusahaan



VISI
Menjadi perusahaan kopi instan terkemuka dan terbesar di dunia

MISI
1.      Mengubah paradigm cara penyajian kopi instan dengan menawarkan kepraktisan kopi celup bercita rasa khas tinggi
2.      Market leader dalam pasar kopi instan
3.      Menciptakan tren baru penyajian kopi untuk gaya hidup dinamis dan modern

D.    Tujuan

1.      Memenuhi kepuasan konsumen melalui kepraktisan penyajian kopi celup
2.      Memaksimumkan profit perusahaan

E.     Sasaran


Produk ini disasarkan pada pecinta kopi dengan kepraktisan penyajian.

F.     Analisis SMART

SIMPLE
Simple merupakan poin analisis dimana tujuan harus dirumuskan dalam suatu yang sederhana dan mudah dipahami oleh semua anggota perusahaan. Menurut saya, PT. Santos Jaya Abadi mempunyai visi yang sudah dijalankan dengan baik terbukti dari setiap perkembangannya SJA mampu bermanfaat bagi konsumen. SJA terus berkembang dan berinovasi demi memenuhi kebutuhan konsumen pecinta kopi, ini artinya setiap karyawan paham mengenai visi yang dianut oleh perusahaan.

MEASURABLE
Measurable merupakan indicator kejelasan, konkrit, dan terukur serta mampu menjadi motivasi bagi karyawan. Komisaris PT Santos Jaya Abadi Christeven Mergonoto mengatakan nilai pemasaran produk kopi olahan Santos mencapai Rp10,75 triliun pada 2015 dengan nilai ekspor produk kopi olahan mencapai US$ 15,35 juta. Pangsa pasar Santos mencapai 60% dari omzet kopi olahan lokal, yang membuat pasar kopi olahan lokal bernilai Rp17,92 triliun.
Penyerapan biji kopi Santos terus meningkat dari 82.800 ton pada 2013, menjadi 85.200 pada 2014 hingga mencapai 94.060 ton pada 2015. Biji kopi tersebut diserap oleh 2 pabrik di Sidoarjo dan 1 pabrik di Karawang yang berkapasitas total 374.670 ton.
Ini membuktikan SJA cukup konsisten dan tahu seberapa jauh produknya mampu meraih market share seluas-luasnya.

ATTAINABLE
Setelah sukses menguasai lebih dari 50 persen pasar lokal, PT Santos Jaya Abadi mulai memfokuskan diri untuk mengembangkan pasar ekspor. Beberapa strategi telah disiapkan. Selain mengembangkan pasar ekspor, lanjut dia, pihaknya akan tetap fokus berinovasi untuk menciptakan produk baru di pasar lokal.
Dengan begitu, posisi Kapal Api sebagai market leader di Indonesia tetap bertahan. Salah satu produk inovasi tersebut adalah minuman kopi dalam kemasan botol siap minum.
pihaknya berharap konsumsi kopi per kapita masyarakat Indonesia meningkat seiring semakin banyaknya konsumen yang paham tentang manfaat kopi. Dengan begitu, target market semakin meningkat.

G.    Analisis SWOT

Strength.
1.      Pt Santos Jaya Abadi memiliki cita rasa yang baik sebagai produsen consumen good and beverage di Indonesia baik secara image dan citra kapal api selalu terjaga dan terpercaya
2.      Kapal api special merupakan kopi yang memiliki ramuan istimewa yang menawarkan kualitas terbaik kerana dibuat dari biji kopi pilihan serta diolah secara khusus.

Weakness.
1.      Anak muda kurang suka jenis kopi berampas

Opportunity.
1.      Meningkatnya jumlah penikmat kopi di Indonesia
2.      Sangat mudah untuk di dapat oleh penikmatnya karena pendistribusian yang luas

Threat.
1.      Persaingan kopi di Indonesia cukup ketat dengan kehadiran produk kopi lain yang bermunculan.
2.      Maraknya tempat makan yang menyajikan sajian kopi.
3.      Banyaknya media baru dan tingginya promosi competitor


Daya saing PT. Santos Jaya Abadi
1.       Sumber daya yang dimiliki :
a.       Berwujud
·         Memiliki beberapa agen
·         Memiliki tenaga kerja yang ahli dan profesional di bidangnya.
·         Saluran Mitra/Franchise yang luas dan tersebar di seluruh Indonesia.
b.      Tak Berwujud
·         Memiliki pelanggan yang loyal

2.       Kumpulan sumber daya yang memiliki keunggulan
·         Memiliki beberapa agen
·         Memiliki tenaga kerja yang ahli dan profesional di bidangnya.
·         Saluran Mitra/Franchise yang luas dan tersebar di seluruh Indonesia.

3.       Kumpulan sumberdaya yang memiliki keunggulan bersaing
·         kopi yang memiliki ramuan istimewa yang menawarkan kualitas terbaik kerana dibuat dari biji kopi pilihan serta diolah secara khusus.
·         Memiliki tenaga kerja yang ahli dan profesional di bidangnya.
·         Saluran Mitra/Franchise yang luas dan tersebar di seluruh Indonesia.

4.       Kumpulan sumberdaya yang memiliki keunggulan bersaing yang berkesinambungan
·         kopi yang memiliki ramuan istimewa yang menawarkan kualitas terbaik kerana dibuat dari biji kopi pilihan serta diolah secara khusus.
·         Memiliki tenaga kerja yang ahli dan profesional di bidangnya.
·         Saluran Mitra/Franchise yang luas dan tersebar di seluruh Indonesia.

5.       Kumpulan sumberdaya yang memiliki daya saing laba diatas rata-rata
·         kopi yang memiliki ramuan istimewa yang menawarkan kualitas terbaik kerana dibuat dari biji kopi pilihan serta diolah secara khusus.
·         Memiliki tenaga kerja yang ahli dan profesional di bidangnya.
·         Saluran Mitra/Franchise yang luas dan tersebar di seluruh Indonesia.

H.    Value Chain









I. Analisis IFAS dan EFAS

Kondisi Internal PT. Santos Jaya Abadi
Faktor Intern
Strength
Operasi
+ memiliki citra yang baik sebagai produsen consumer good & beverage selalu terjaga dan terpercaya.
+ memiliki produk varian yang siap minum
-  
Marketing
+ pendistribusian yang luas
-  
Keuangan
+ memiliki kondisi keuangan yang sehat
Personalia
+ memiliki karyawan yang ahli di bidangnya
Litbang
+ peralatan riset dan pengembangan modern
Struktur Organisasi
+ pembagian divisi kerja yang jelas
Manajemen
+ Memiliki SOP yang bestandar ISO
Tanda + berarti Strength ; tanda – berarti weakness. Dalam SAP diatas terdiri dari 8 + dan 7 –
ini berarti S lebihbanyak 1 poin dibandingkan dengan W




IFAS untuk mengetahui kekuatan dari PT. Santos Jaya Abadi
Faktor strategis
Nilai
Bobot
Rating
Skor
Produk aman
4
0.16
4
0.64
Distribusi luas
4
0.16
3
0.48
Keuangan sehat
3
0.12
3
0.48
Karyawan ahli
4
0.16
3
0.48
Peralatan modern
2
0.08
3
0.48
Divisi
3
0.12
4
0.64
SOP
4
0.16
3
0.48
 Nilai Total
24
 1
 23
 3.68




Kondisi Eksternal PT. Santos Jaya Abadi
Faktor Intern
Weakness
Operasi
Target penjualan yang belum tercapai
-  
Marketing
Banyaknya media baru & tingginya promosi competitor
Anak muda kurang suka jenis kopi berampas
Tanda + berarti Strength ; tanda – berarti weakness. Dalam SAP diatas terdiri dari 8 + dan 7 –
ini berarti S lebihbanyak 1 poin dibandingkan dengan W

EFAS untuk mengetahui kelemahan dari PT. Santos Jaya Abadi
Faktor strategis
Nilai
Bobot
Rating
Skor
Target penjualan belum tercapai
4
0.5
3
0.5
Banayak media baru dan tingginya promosi kompetitor
4
0.5
3
0.5
 Nilai Total
8
 1
 6
 1


Nilai IFAS=
Total Nilai Kekuatan-Total Nilai Kelemahan
3.68-1=2.68



Kondisi Internal PT. Santos Jaya Abadi
Faktor Intern
Opportunity
Sosiokultural
-          Meningkatnya jumlah penikmat kopi di Indonesia
Distribusi
Sangat mudah untuk di dapat oleh penikmatnya karena pendistribusian yang luas
Tanda + berarti Strength ; tanda – berarti weakness. Dalam SAP diatas terdiri dari 8 + dan 7 –
ini berarti S lebihbanyak 1 poin dibandingkan dengan W


IFAS untuk mengetahui opportunity dari PT. Santos Jaya Abadi
Faktor strategis
Nilai
Bobot
Rating
Skor
Meningkatnya jumlah penikmat kopi di indonesia
4
0.16
4
0.64
Distribusi yang luas
4
0.16
3
0.48
 Nilai Total
24
 1
 23
 3.68

Kondisi Eksternal PT. Santos Jaya Abadi
Faktor Intern
Threat
Marketing
1. Persaingan kopi di Indonesia cukup ketat dengan kehadiran produk kopi lain yang bermunculan.
2.      Maraknya tempat makan yang menyajikan sajian kopi.
Tanda + berarti Strength ; tanda – berarti weakness. Dalam SAP diatas terdiri dari 8 + dan 7 –
ini berarti S lebihbanyak 1 poin dibandingkan dengan W




EFAS untuk mengetahui Threat dari PT. Santos Jaya Abadi
Faktor strategis
Nilai
Bobot
Rating
Skor
Persaingan kopi di indonesia cukup ketat
3
0.5
3
0.5
Maraknya tempat makan yang menyajikan sajian kopi
3
0.5
3
0.5
 Nilai Total
6
 1
 6
 1


Nilai IFAS=
Total Nilai Kekuatan-Total Nilai Kelemahan
3.68-1=2.68



 


J. Diagram SWOT

Setelah diketahui titik pertemuan diagonal-diagonal tersebut (X), maka posisi unit usaha diketahui pada kuadran I sehingga perlu diadakan penyempurnaan analisis dengan menghitung luasan wilayah pada tiap-tiap kuadran. Hasil perhitungan dari masing-masing kuadran dapat digambarkan pada tabel berikut ini :
KUADRAN
POSISI TITIK
LUAS MATRIK
RANKING
PRIORITAS STRATEGI
I (SO)
3.68;3.68

1
Growth
II (ST)
3.68;1

2
Stabilitas
III (WO)
1;3.68

3
Penciutan
IV (WT)
1;1

4
Kombinasi

Penjelasan diagram SWOT adalah sebagai berikut :
  • Pada kuadran I ( S O Strategi ) strategi umum yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah menggunakan kekuatan perusahaan untuk mengambil setiap keunggulan pada kesempatan yang ada.
  • Pada kuadran II ( W O Strategi ) perusahaan dapat membuat keunggulan pada kesempatan sebagi acuan untuk memfokuskan kegiatan dengan menghindari kelemahan.
  • Pada kuadran III ( W T Strategi ) Meminimumkan segala kelemahan untuk menghadapi setiap ancaman.
  • Pada kuadran IV ( S T Strategi ) Menjadikan setiap kekuatan untuk menghadapi setiap ancaman dengan menciptakan diversifikasi untuk menciptakan peluang.
Berdasarkan diagram bobot dan rating setiap unsure matrik SWOT sebagaimana disajikan diatas maka dapat diketahui bahwa posisi organisasi pada saat ini berada pada kuadran I yaitu Kuadran STABILITAS dimana strategi yang bisa digunakan oleh perusahaan adalah menggunakan kekuatan perusahaan untuk mengambil setiap keunggulan pada kesempatan yang ada.
  • Beberapa bagian yang harus diambil untuk mendukung prioritas yang dipilih yang tinjau dari matrix SWOT :
Prioritas Utama PT Kopi Kapal Api ini adalah berusaha mempertahankan keberadaannya sebagai pemimpin pasar untuk kopi instan terbesar dan terkemuka di Indonesia dan dunia, memposisikan dirinya sebagai perusahaan kopi kapal Api berkelas-dunia, dan menjadi pemain global dalam dunia.
  1. Strategi yang perlu diambil untuk menunjang prioritas utama (S O) adalah dengan :
    1. Mempertahankan kekuatan / keunggulan dari produk yang diberikan ke konsumen

Prioritas kedua yang dipilih adalah terletak pada Penciptaan produk baru.
b. Strategi yang perlu diambil untuk menunjang prioritas kedua (O W) adalah dengan:
  1. Menyiapkan sarana dan prasarana pendukung dalam menciptakan aneka rasa kopi
  2. Meningkatkan SDM
  3. Mempromosikan produk baru tersebut ke masyarakat
Prioritas ketiga yang dipilih adalah terletak pada Penciutan Bisnis.
c. Strategi yang perlu diambil untuk menunjang prioritas ketiga (W T) adalah dengan :
  1. Mempertahankan segmentasi pasar yang ada dengan menciptakan produk-produk terbaru dengan segala inovatif yang dapat menarik minat masyarakat.
Prioritas keempat yang dipilih adalah terletak pada Diversifikasi Konglomerasi.
d.  Strategi yang perlu diambil untuk menunjang prioritas keempat (T S) adalah  dengan :
  1. Karena pada kuadran pertama ini perusahaan dituntut menggunakan kekuatan perusahaan untuk mengambil setiap keunggulan pada kesempatan yang ada untuk menginovasi beraneka ragam kemasan kopi untuk memenuhi kebutuhan konsumennya.


STRENGTH
memiliki cita rasa yang baik sebagai produsen consumen good and beverage.

kopi yang memiliki ramuan istimewa yang menawarkan kulaitas terbaik kerana dibuat dari biji kopi pilihan serta diolah secara khusus.
WEAKNESS
Anak muda kurang suka jenis kopi berampas
OPPORTUNITY
      Meningkatnya jumlah penikmat kopi di Indonesia

2.      Sangat mudah untuk di dapat oleh penikmatnya karena pendistribusian yang luas

STRATEGI SO
Sebagai perusahaan kopi yang memiliki cita rasa yang baik dan memiliki ramuan istimewa yang menawarkan kualitas terbaik dibuat dari biji kopi pilihan dan memudahkan penikmat kopi yang semakin meningkat
STRATEGI WO
dengan adanya varian baru yaitu produk kopi dengan kemasan instan
THREATH
      Persaingan kopi di Indonesia cukup ketat dengan kehadiran produk kopi lain yang bermunculan.

2.      Maraknya tempat makan yang menyajikan sajian kopi.
3.      Banyaknya media baru dan tingginya promosi competitor

STRATEGI ST
Membuatn PT santos jaya abadi mampu menghadapi peeusahaan lain dengan menemukan inovasi/varian baru
STRATEGI WT
Produk PT. Santos Jaya Abadi memiliki varian produk yang sangat murah dan mudah didapat.

 


Strateji Marketing mix PT. Santos Jaya Abadi


1.       Produk
Mutu yang selalu terkendali produk tersebut disambut secara antusias oleh pasar. Ramuan istimewa kapal api menawarkan kualitas yang terbaik, rasa yang mantap dan aroma yang memikat. Untuk mmenuhi kebutuhan akan kenikmatan kopi, konsumen kini mendapat pilihan yang beragam mulai dari kapal api special, special mix, kopi susus, sampi yang baru saja diluncurkan
2.       Harga
Dari segi harga sangat terjangkau oleh masyarakat luas sehingga mampu bersaing dengan komoetitornya
3.       Distribusi
Jalur distribusi yang digunakan PT. Santos Jaya Abadi untuk memasarkan kopi kapal api sampai ke warung dan supermarket untuk mempermudah konsumen mendapatkannya dan tersedia dalam jumlah besar.
4.       Promosi

         Spesialisasi produk yang ditawarkan merupakan kunci dan strateji PT. Santos Jaya Abadi untuk membidik pasar sehingga tetap melekat dengan lidah konsumen. Kopi kapal api yang diklaim menggunakan 100% biji kopi pilihan dan tanpa campuran mampu mempertahankan konsumennya sejak awal produksi hingga sekarang. Hal itulah yang memicu rasa optimisme marketing manajer PT. Santos Jaya Abadi bahwa produk kopi tubruk yang diproduksi oleh perusahaannya mampu bersaing dengan produk lainnya.





S
 







2 komentar:



  1. LEGENDAQQ.NET
    Kami Hadirkan Permainan Baru 100% FAIR PLAY Dari Legendaqq.Net. :) 1 ID Untuk 8 Games :
    - Domino99
    - BandarQ
    - Poker
    - AduQ
    - Capsa Susun
    - Bandar Poker
    - Sakong Online
    - Bandar 66

    Nikmati Bonus-Bonus Menarik Yang Bisa Anda Dapatkan Di Situs Kami LegendaQQ.Net. info Situs Resmi, Aman Dan Terpercaya ^^ Keunggulan LegendaQQ.Net :
    - Tingkat Persentase Kemenangan Yang Besar
    - Kartu Anda Akan Lebih Bagus
    - Bonus TurnOver Atau Cashback Di Bagikan Setiap 5 Hari
    - Bonus Referral Dan Extra Refferal Seumur Hidup
    - Minimal Deposit & Withdraw Hanya 20.000,-
    - Tidak Ada Batas Untuk Melakukan Withdraw/Penarikan Dana
    - Pelayanan Yang Ramah Dan Memuaskan
    - Dengan Server Poker-V Yang Besar Beserta Ribuan pemain Di Seluruh Indonesia,
    - LegendaQQ.Net Pasti Selalu Ramai Selama 24 Jam Setiap Harinya.
    - Permainan Menyenangkan Dengan Dilayani Oleh CS cantik, Sopan, Dan Ramah.

    Fasilitas BANK yang di sediakan :
    - BCA
    - Mandiri
    - BNI
    - BRI
    - Danamon

    Tunggu Apa Lagi Guyss..
    Let's Join With Us At LegendaQQ.Net ^^
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
    - BBM : 2AE190C9
    - Facebook : LegendaqqPoker

    Link Alternatif :
    - www.legendaqq(dot)net
    - www.legendapelangi(dot)com
    NB : untuk login android / iphone tidak menggunakan www dan spasi ya boss ^_^

    BalasHapus
  2. Wynn Resorts to Open Las Vegas' First Non-US Casino,” Says
    Wynn 당진 출장안마 Resorts, an American Gaming 군산 출장안마 Enterprise 목포 출장안마 The company is expected to unveil plans for a 여주 출장안마 $2.7 billion casino resort in Las Vegas. 제주도 출장마사지

    BalasHapus